Nilai Pendidikan Karakter dalam Ragam Gerak Tari Srimpi Pandelori di Kawedana Hageng Punakawan Kridha Mardhawa Kraton Yogyakarta

Tyas, Gita Purwaning (2018) Nilai Pendidikan Karakter dalam Ragam Gerak Tari Srimpi Pandelori di Kawedana Hageng Punakawan Kridha Mardhawa Kraton Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gita-purwaning-tyas-15724251009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna ragam gerak yang terdapat dalam tari Srimpi Pandelori dan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tari Srimpi Pandelori. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan naratif. Penelitian ini mengambil latar di Kawedanan Hageng Punakawan Kridha Mardhawa Kraton Yogyakarta. Informan penelitian adalah beberapa pengajar tari Srimpi Pandelori di Kawedanan Hageng Punakawan Kridha Mardhawa, sedangkan objek penelitiannya adalah ragam gerak tari Srimpi Pandelori. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer hasil observasi ragam gerak melalui latihan tari Srimpi Pandelori di Bangsal Kasatriyan dan pentas tari Srimpi Pandelori di Bangsal Srimanganti, serta sumber data sekunder yang diperoleh melalui pengumpulan data dokumentasi yang berupa foto dan video tari Srimpi Pandelori, serta buku tentang tari Srimpi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Srimpi Pandelori mengandung makna dan nilai pendidikan karakter yang tercermin dalam beberapa ragam gerak diantaranya yaitu ragam gerak sembahan yang terdapat pada awal dan akhir tarian, tasikan kengser, ulap-ulap, sudukan, ecen, aben sikut, dan nglayang. Makna ragam gerak tersebut terdiri dari makna: 1) tentang kesyukuran terhadap Tuhan yang Maha Esa, 2) tentang menghargai diri sendiri, 3) kehati-hatian diri atau sikap waspada, dan 4) tentang kebaikan dan keburukan.Tari Srimpi Pandelori juga mengandung nilai pendidikan , nilai pendidikan yang terkandung dalam tari Srimpi Pandelori adalah 1) nilai pendidikan religi, 2) nilai pendidikan sopan santun, 3) nilai pendidikan tanggung jawab, 4) nilai pendidikan etika, dan 5) nilai pendidikan kepribadian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tari Srimpi Pandelori, nilai pendidikan karakter , pendidikan, budaya
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2018 01:14
Last Modified: 09 May 2019 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58019

Actions (login required)

View Item View Item