Pengembangan Mobile Learning Pengukuran Listrik untuk Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Sekolah Menengah Kejuruan

Tafrikhatin, Asni (2018) Pengembangan Mobile Learning Pengukuran Listrik untuk Siswa Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asni-tafrikhatin-15721251001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini mengacu pada desain pengembangan model ADDIE dan Waterfall. Model pengembangan ADDIE terdiri atas empat tahapan yaitu Needs Assessment and Analysis, Instructional Design, Development and Implementation, dan Evaluation. Model pengembangan Waterfall terdiri dari communication, planning, modelling, dan construction. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian TITL SMK Negeri 3 Yogyakarta, SMK Negeri 1 Pundong, SMK Taman Siswa Yogyakarta, dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Validasi produk dilakukan oleh dua orang dosen dan tujuh orang guru SMK menggunakan angket. Uji coba produk dilakukan oleh 100 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk respon siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif dan statistik parametrik dengan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah mobile learning (aplikasi android) untuk materi pengukuran listrik pada semester 1. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang tidak terbatas oleh tempat dan waktu namun terdapat akses internet. Komponen mobile learning ini mencakup: kompetensi dasar, materi, video, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penilaian kelayakan mobile learning menurut validator sebesar 80,30 dan menurut siswa sebesar 85,59 dari skala 100 sehingga dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil penilaian keberfungsian mobile learning menurut validator sebesar 83,25 dan menurut siswa sebesar 86,66 dari skala 100 sehingga dikategorikan ”Sangat Layak”. Mobile learning ini memiliki dampak yang efektif, karena besarnya nilai signifikansi saat diuji menggunakan uji t adalah thitung = 11,075 > ttabel = 1,983 dan Asymp. Sig (2-tailed) < 0,05. Besarnya tingkat keefektifan dapat dilihat dari besarnya nilai gain. Skor gain yang dikategorikan ”Rendah” sebanyak 31 siswa dan skor gain yang dikategorikan ”Sedang” sebanyak 69 siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan mobile learning, pengukuran listrik
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:36
Last Modified: 01 Aug 2018 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57962

Actions (login required)

View Item View Item