Ketrampilan Sosial Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua dan Status Sosial Ekonomi pada Anak TK Se-Gugus Dahlia Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali

Wahyuni, Sri (2018) Ketrampilan Sosial Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua dan Status Sosial Ekonomi pada Anak TK Se-Gugus Dahlia Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-wahyuni-14717251023.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh pola asuh orang tua terhadap ketrampilan sosial anak, (2) perbedaan pengaruh status sosial ekonomi terhadap ketrampilan sosial anak, dan (3) adanya interaksi antara pola asuh dan status sosial ekonomi terhadap ketrampilan sosial anak TK se- Gugus Dahlia Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah semua anak didik TK se-Gugus Dahlia yang terdiri dari 6 lembaga dan berjumlah 243 anak. Sampel penelitian adalah 30% dari jumlah populasi yang diambil secara acak, yaitu sebanyak 73 anak usia 4-6 tahun terdiri atas 43 anak laki-laki dan 30 anak perempuan Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi tentang data anak. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis varian dua arah dengan menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan pengaruh pola asuh orang tua terhadap ketrampilan sosial anak, 2) terdapat perbedaan pengaruh status sosial ekonomi terhadap ketrampilan sosial anak, dan 3) terdapat interaksi antara pola asuh dan status sosial ekonomi terhadap ketrampilan sosial anak TK se-Gugus Dahlia Kecamatan Ngemplak Boyolali.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pola asuh, status sosial ekonomi, ketrampilan sosial
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:25
Last Modified: 09 May 2019 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57954

Actions (login required)

View Item View Item