EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT CENTERED MATERI ASAM BASA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JETIS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nafi’ah, Masrifatun (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT CENTERED MATERI ASAM BASA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JETIS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS berbasis student centered dan siswa yang tidak menggunakan LKS berbasis student centered. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan media LKS berbasis student centered terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experimental design jenis post-test only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jetis yang terdiri dari 2 kelas diambil secara purpossive sampling, yaitu dipilih dua kelas dengan jumlah peserta didik yang sama, masing-masing sebanyak 32 orang kelas eskperimen dan 32 orang kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan media LKS berbasis student centered, sedangkan kelas kontrol melakukan pembelajaran tanpa menggunakan media LKS berbasis student centered. Pengumpulan data motivasi belajar dilakukan dengan menggunakan angket motivasi sedangkan data kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan post-test yang berupa soal kemampuan berpikir kritis. Data motivasi dianalisis dengan menggunakan uji-t beda subjek dan data kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan uji anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media LKS berbasis student centered dengan yang tidak menggunakan media LKS tersebut. Media LKS berbasis student centered efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Sumbangan efektif media LKS berbasis student centered terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 31,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 Jul 2018 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57888

Actions (login required)

View Item View Item