PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY POP UP BOOK MATERI BAHAN NON PANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK ANAK TUNARUNGU DI SLB

Utami, Diah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY POP UP BOOK MATERI BAHAN NON PANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK ANAK TUNARUNGU DI SLB. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak indo-inggris.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah 1) mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis buku Pop Up materi bahan non pangan sebagai sumber belajar mandiri untuk anak tunarungu di SLB; 2) mengetahui kualitas media pembelajaran bagi anak tunarungu yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap adalah tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Data yang diperolah dari hasil penelitian pengembangan ini adalah data proses pengembangan produk dan data kualitas produk. Pengubahan data hasil penilaian dari data kualitatif menjadi data kuantitatif berdasarkan skala Likert, kemudian diperoleh data skor yang dapat dianalisis berdasarkan kategori penilaian. Hasil penelitian pengembangan ini berupa Chemistry Pop Up Book materi bahan non pangan sebagai media pembelajaran mandiri untuk anak tunarungu. Berdasarkan penilaian reviewer, media pembelajaran Chemistry Pop Up Book termasuk dalam kategori sangat baik (SB) pada setiap aspek. Aspek materi memperoleh skor rata-rata 27,4 dan persentase keidealan sebesar 91,33%, pada aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 74,4 dengan persentase keidealan sebesar 93%, serta aspek bahasa dan gambar memperoleh skor rata-rata 54,4 dengan persentase keidealan sebesar 90,67%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:53
Last Modified: 30 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57850

Actions (login required)

View Item View Item