Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Seni Karawitan Jawa Pada Anak Tunagrahita

Heldisari, Hana Permata (2018) Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Seni Karawitan Jawa Pada Anak Tunagrahita. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hana-permata-heldisari-15724241004.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengembangan berupa buku panduan pembelajaranseni karawitan Jawa pada anak tunagrahita. Buku ini ditujukan untuk pelatihseni Karawitan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangandengan model desain pembelajaran ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak tunagrahita dengan kategori mampu didik dari Panti Asuhan Bina Siwi Yogyakarta yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui penilaian unjuk kerja dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes keterampilan dan angket kelayakan produk. Data penelitian dianalisis deskriptif untuk melihat kelayakan produk, sedangkan untuk melihat keterampilan sebagai tujuan dari pembelajarankarawitan dan perubahan perilakupositif sebagai dampaknya dianalisis menggunakan uji Manova. Adapun uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji jarak Mahalanobis dan uji homogenitas multivariat menggunakan uji Box’s M. Hasil pengembangan berupa buku panduan yang mengulas sejak pra pembelajaran, pembelajaran hingga pasca pembelajaran.Berdasarkan uji coba lapangan, produk mencapai prosentase kelayakan sebesar 93,3% dengan kategori sangat layak digunakan dari sudut pandang pengguna yaitu pelatih karawitan. Selain itu, penggunaan produk dalam pembelajarankarawitan pada anak tunagrahitadapat meningkatkan keterampilan bermain Gamelan Jawadanmemberikankecenderungan dalam perilaku anak tunagrahita yaitu percaya diri, lebih mudah beradaptasi, dan bekerja sama. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji Manova sebesar 0,000, sehingga dapat dikatakan bahwa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian, produk berupa buku panduan pembelajaran seni Karawitan Jawa berpengaruh positif terhadap keterampilan bermain Gamelan Jawa dan perilakupositifanak tunagrahitadi Panti Asuhan Bina Siwi Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, karawitan, tunagrahita
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jul 2018 08:08
Last Modified: 09 May 2019 08:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57777

Actions (login required)

View Item View Item