EVALUASI KURIKULUM SMU TAHUN 1994 ENURUT PERSEPSI GURU DAN SISWA DI DIY

Sukamto, . (1998) EVALUASI KURIKULUM SMU TAHUN 1994 ENURUT PERSEPSI GURU DAN SISWA DI DIY. [Experiment/Research]

[img] Text
EVALUASI_KURIKULUM_SMU_TAHUN_1994.doc

Download (30kB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan ini berusaha memberikan gambaran menyeluruh persepsi gu dan siswa tentang berbagai aspek implementasi Kurikulum 1994 di lingkungan MU yang berada di wilayah DIY. Kurikulum 1994 mempunyai karakteristik yang diharapkan mampu menjembatani adanya perubahan jaman menuju era dan kult r negara industri. Ini tertuang pada rumusan GBPP sebagai dokumen tak terpisahkan ari Kurikulum 1994, sehingga banyak muatan materi baru pada setiap mata pelajar n jika dibandingkan dengan konstruksi kurikulum sebelumnya. Di pihak lain implem ntasi kurikulum 1994 ini sebagai kebijakan baru, dalam pelaksanaannya masih terda at berbagai kendala yang dihadapi oleh guru sebagai pelaksana dan sekaligus pe gambil keputusan kurikulum di level kelas. Kendala tersebut muncul antara lain dengan adanya pembaharuan-pembaharuan materi, metode, dan pendekatan ang belum sepenuhnya ditangkap oleh guru; ketersediaan perangkat kurikulum s perti buku ajar dan sarana atau fasilitas laboratorium; dan kemampuan pembelajara materi baru. Metode yang diguanakan dalam penelitian ini sebenarnya mengacu kepada pedoman ev luasi formatif, dengan melibatkan 66 SMU di DIY yang mengirimkan wakil seban ak 160 orang guru dan 180 orang siswanya, yang merupakan sampel sekaligus r sponden dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggabun kan pengisian angket oleh guru dan siswa dengan diskusi kelompok terarah. Dat yang diperoleh dianalisis secara deskriptif, sebagian berupa persentase kecenderun an dan sebagian lain merupakan data kualitatif yang disajikan dengan kodifikasi te entu. Hasil pe elitian mengungkapkan adanya beberapa kendala terutama kelengkapan sarana dan fasilitas pembelajaran, kelengkapan laboratorium dan buku paket. Keadaan y ng menyangkut kondisi pembelajaran untuk setiap matapelajaran disajikan enurut persepsi guru dan siswa, dan beberapa matapelajaran memunculk n kendala adanya pokok bahasan yang bagi guru masih asing. Beberapa rekomendas yang terkait denganmasing-masingmatapelajarandilampirkandi akhir . laporan pe litian ini, antara lain menyangkut urutan (sekuens) pokok bahasan, ketepatan p nyajian di caturwulan tertentu, dan overlapping atau tumpangtindih yang cenderung f ak efisien. ,takunci : eval~asi kurikulum, Kurikulum 1994 SMU. eywords : curritulum evaluation, 1994 Curriculumfor SSE.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 18 Sep 2012 12:38
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5776

Actions (login required)

View Item View Item