Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus I Wonosari Gunungkidul

Primamukti, Agatha Devian (2018) Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus I Wonosari Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agatha-devian-primamukti-14712251074.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh multimedia interaktif terhadap minat belajar, (2) pengaruh multimedia interaktif terhadap prestasi belajar (3) perbedaan pengaruh multimedia interaktif dan media gambar terhadap minat belajar dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Gugus I Wonosari Gunungkidul. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain yang digunakan adalah pretest-postest control group design dengan dua kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan multimedia interaktif dan satu kelompok kontrol menggunakan media gambar. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus I Wonosari Gunungkidul. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Wonosari 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas IV B SDN Wonosari 1 sebagai kelas eskperimen 2, serta siswa kelas IV A SDN Baleharjo sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa sedangkan tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Reliabilitas instrumen dinyatakan baik dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,7. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh multimedia interaktif terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh multimedia interaktif terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan (3) besarnya perbedaan pengaruh multimedia interaktif dan media gambar terhadap minat belajar dan prestasi belajar adalah minat belajar dengan nilai gain score sebesar 10,412 pada kelas eskperimen 1 dan 13,004 pada kelas eksperimen 2, serta prestasi belajar dengan nilai gain score sebesar 8,703 pada kelas eksperimen 1 dan 6,810 pada kelas eksperimen 2.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, multimedia interaktif, minat belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jul 2018 03:20
Last Modified: 09 May 2019 08:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57759

Actions (login required)

View Item View Item