PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEPENGURUSAN ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMA/MA NEGERI SEKECAMATAN WATES

Ali A Satar, Muchtar and Lestari, Barkah (2018) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEPENGURUSAN ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMA/MA NEGERI SEKECAMATAN WATES. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi muchtar.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Keaktifan Siswa dalam kepengurusan OSIS merupakan faktor yang diduga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Peneliti ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat keaktifan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah; (2) mengetahui motivasi belajar siswa yang mengikuti kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah; (3) mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS terhadap motivasi belajar di SMA/MA Negeri Sekecamatan Wates. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat noneksperimental yaitu Ex Post Facto. Subjek penelitian adalah siswa pengurus OSIS di SMA/MA Negeri Sekecamatan Wates yaitu sebanyak 93 siswa. Data tentang keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS dan motivasi belajar diambil dengan instrumen angket. Uji validitas instrumen mengunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data mengunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan untuk pengujian hipotesisnya mengunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS pada kategori sangat tinggi 22,58%, kategori tinggi 61,29%, kategori sedang 16,13, kategori rendah 0%, dan tidak ada siswa dengan kategori rendah ataupun sangat rendah. (2) motivasi belajar pada kategori sangat tinggi 10,75%, kategori tinggi 61,29%, kategori sedang 27,95, dan tidak ada siswa dengan kategori baik rendah ataupun sangat rendah. (3) hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS terhadap motivasi belajar dengan nilai t_hitung 6,738 > t_tabel 1,990. Nilai Sig 0,00 < taraf signifikansi 0,05. Persamaan Regresi Y = 16,226 + 0,499X menunjukan bahwa penerapan keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS bertambah satu, maka prestasi belajar bertambah 0,499. Nilai determinasi R^2 = 33,3% yang berarti sumbangan pengaruh keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS dengan motivasi belajar siswa SMA/MA N Sekecamatan Wates adalah 33,3% sehingga masih terdapat 66,7% faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, OSIS, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57717

Actions (login required)

View Item View Item