LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMAN 5 PURWOREJO

Soraya Kolontjutju, 12203244005 (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMAN 5 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Soraya Kolontjutju (12203244005) (Pendidikan Bahasa Jerma.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensi calon pendidik. Kegiatan ini dapat membantu mahasiswa praktikantin untuk menerapkan dan mengembangkan pengetahuan yang di peroleh selama kuliah. Dalam kegiatan PLTmahasiswa praktikantin harus bisa menyesuaikan kondisi serta kebutuhan peserta didik yang di bimbingnya, dan juga dapat melihat dan merasakan suasana fisik dan psikologis dari proses pendidikan di suatu lembaga pendidikan yang sesungguhnya, sehingga dapat memberikan pengalaman nyata yang bermanfaat bagi mahasiswa. Kegiatan PLT dapat membantu mahasiswa praktikantin untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme di bidang pendidikan yang ditekuninya, dan juga dapat lebih memahami arti pentingnya pendidikan karena sudah mengetahui sendiri ruang lingkup pendidikan yang akan di gelutinya. Kegiatan Praktik Lapangan berlangsung kurang lebih selama dua bulan. Sebelum melaksanakan Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing calon pendidik dibekali dengan pembelajaran mikro. Pembelajaran mikro memiliki tujuan untuk membekali para calon pendidik agar memiliki beberapa keterampilan dasar dalam mengajar, serta dapat mendalami makna dan strategi yang digunakan pada suatu proses pembelajaran. Praktik di sekolah bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran di sekolah. Selanjutnya dapat dipakai untuk bekal pengembangan diri sebagai guru atau tenaga kependidikan yang profesional, memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang diperlukan dalam profesinya.Setelah segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan mengajar di kelas dilakukan maka mahasiswa siap untuk praktik mengajar di kelas sesuai jadwal yang telah disepakati antara mahasiswa dengan guru pembimbing yang meliputi praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Silabus adalah garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi pembelajaran.Silabus menguraikan tentang materi pelajaran yang tercakup dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk mengetahui kedalaman dan keluasan uraian materi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dengan tujuan sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dalam satu atau beberapa kali tatap muka. Sebelum proses pembelajaran di kelas, mahasiswa praktikantin melakukan konsultasi RPP dengan guru pamong. Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pihak SMAN 5 Purworejo, praktikan mendapat tugas mengajar mata pelajaran Bahasa Jerman untuk kelas X, XI dan XII. Untuk hal ini praktikan melaksanakan KBM dalam bentuk tatap muka di depan kelas dengan peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2018 02:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57673

Actions (login required)

View Item View Item