Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kesenian Barzanji Di Kota Painan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat dan Relevansinya dengan Pendidikan moral

Putra, Rolandho (2018) Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kesenian Barzanji Di Kota Painan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat dan Relevansinya dengan Pendidikan moral. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rolandho-putra-15724251043.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui makna dari nilai-nilai pendidikan moral dan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam kesenian Barzanji, dan (2) mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan dan budaya yang terdapat dalam kesenian Barzanji di kota Painan kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dengan pendidikan moral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Penelitian dilakukan di lingkungan masyarakat Painan Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah praktisi kesenian Barzanji, masyarakat Painan Timur, dan pemerintahan dikota Painan. Objek dalam penelitian ini adalah kesenian Barzanji, dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kitab Barzanji serta situasi alamiah masyarakat Painan Timur. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi di Rumah Gadang Datuak Rajo Batuah Kaum Suku Panai dan tindakan serta sikap masyarakat Painan Timur selama kegiatan penelitian berlangsung, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen kitab Barzanji dari Kerapatan Adat Nagari Painan, dan buku adat budaya Minangkabau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis etnografi Spradley yang terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen dan analisis tema budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenian Barzanji sangat erat kaitannya dengan budaya Minangkabau. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kesenian Barzanji adalah nilai religi, kepemimpinan, silaturahmi, kesatuan dan persaudaraan, cinta dan kasih sayang, kerja sama dan gotong royong, sabar, kebersamaan, pendirian, tanggung jawab serta komunikasi. Nilai akhlak pada syair kesenian Barzanji adalah malu, rendah hati (tawadhu), mandiri, cinta keluarga, mencintai fakir dan miskin, menjenguk orang sakit, mengiring jenazah, dan sholat. Semua nilai tadi berkaitan dengan nilai-nilai budaya di Minangkabau berupa falsafah di antaranya, tau malu jo sopan, tenggang raso, dima bumi dipijak disitu langik dijunjuang, alam takambang jadi guru, adaik basandi syara’syara’ basandi kitabullah, dan raso jo pareso, dan relevansinya dengan pendidikan moral.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan, kesenian Barzanji, relevansi pendidikan, pendidikan moral
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:46
Last Modified: 09 May 2019 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57670

Actions (login required)

View Item View Item