Yunita, Lestari (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MEDIA MIND MAPPING BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Yunita_Lestari_13103244019.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa tunarungu kelas V SLB Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SLB Negeri 2 Bantul. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas V SLB Negeri 2 Bantul yaitu AR, NB dan SH. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi aktivitas guru dan siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media mind mapping dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran IPA materi sumber energi bagi anak tunarungu kelas V di SLB Negeri 2 Bantul. Peningkatan diketahui dari kegiatan pembelajaran dengan memusatkan pemahaman siswa melalui pemetaan materi kedalam kata kunci dan gambar yang saling berhubungan. Adanya kata kunci dan gambar yang menarik memudahkan informasi diterima dan dipahami oleh siswa. Terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa pada pra tindakan sampai siklus II yaitu dengan rata-rata nilai, pra tindakan 30, siklus I 60 dan siklus II 86,66.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 11 Jul 2018 04:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57658 |
Actions (login required)
View Item |