KEMAMPUAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN ANAK SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI POJOK SLEMAN

Vika, Budi Utamingintyas (2017) KEMAMPUAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN ANAK SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI POJOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Vika Budi Utaminingtyas_13103244013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan pada anak slow learner dalam pembelajaran matematika kelas IV yang meliputi kebutuhan belajar dan upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan belajarnya. Subjek diambil secara purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah siswa slow learner kelas IV. Penelitian dilakukan di SD N Pojok menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) siswa slow learner masih mengalami kesulitan dalam operasi hitung pengurangan dengan teknik meminjam bilangan empat angka, 2) siswa memiliki kebutuhan belajar berupa bantuan secara kongkret atau secara visual, 3) GPK dan wali kelas telah berupaya dalam memenuhi kebutuhan siswa slow learner dalam operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan pada pembelajaran matematika kelas IV di SD N Pojok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penjumlahan dan pengurangan, matematika kelas IV, siswa slow learner
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 12 Jul 2018 01:29
Last Modified: 30 Jan 2019 16:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57654

Actions (login required)

View Item View Item