PENINGKATAN KETERAMPILAN PENANGANAN LUKA RINGAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III MELALUI METODE LATIHAN DI SLB ABCD TUNAS KASIH DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Muhlis, Nurhakim (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN PENANGANAN LUKA RINGAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III MELALUI METODE LATIHAN DI SLB ABCD TUNAS KASIH DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhlis Nurhakim_12103244022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bina diri pada materi penanganan luka ringan pada siswa kelas III SLB ABCD Tunas Kasih Donoharjo Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan metode observasi. Instrumen berupa tes kemampuan dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh saat pra tindakan menunjukan belum ada siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan, yaitu 65. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, kedua siswa sudah mencapai KKM dengan nilai tertinggi 75% dan terendah 68,75%. Keterampilan bina diri penanganan luka ringan siswa meningkat karena dalam proses pembelajaran guru selalu memberikan motivasi dan memberikan reward yang menarik berupa makanan ringan sehingga siswa semakin semangat dan antusias mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan penangan luka ringan dapat ditingkatkan melalui metode latihan pada siswa tunagrahita ringan kelasIII di SLB ABCD Tunas Kasih Donoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 16:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57651

Actions (login required)

View Item View Item