EFEKTIFITAS METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA

Ikapti, Pusparani (2017) EFEKTIFITAS METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ikapti Pusparani_10103241016.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya tipe PALS dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa berkesulitan belajar membaca kelas dasar 4 di SDIT Harapan Ummat Purbalingga. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A – B. Subjek penelitian merupakan siswa berkesulitan belajar spesifik kelas dasar 4, yakni subjek SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca permulaan, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar membaca. Selama proses pembelajaran dengan metode tutor sebaya subjek SMA dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan pengukuran tes membaca permulaan terjadi peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan subjek Pada fase baseline kemampuan membaca subjek masih menunjukan score 26. Kemudian setelah dilaksanakan metode tutor sebaya kemampuan membaca subjek meningkat menunjukan score 30 pada tes pertama dan score 40 pada tes kedua. Meningkatnya score kemampuan membaca subjek menjadi tolak ukur pengaruh metode tutor sebaya terhadap kemampuan membaca subjek. Adanya perubahan score menunjukan bahwa metode tutor sebaya mampu meningkatkan kemampuan membaca subjek penelitian. Tes yang dilakukan dua kali bertujuan untuk menguji pengaruh metode tutor sebaya. Pada pelaksanaan intervensi keberadaan tutor bukan sekedar memberikan latihan membaca yang rutin akan tetapi secara moral tutor juga mampu memberikan motivasi belajar yang lebih kuat. Semangat subjek untuk bisa membaca semakin tinggi. Secara keseluruhan penerapan metode tutor sebaya mempunyai pengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa berkesulitan belajar membaca di SDIT Harapan Ummat, Purbalingga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 16:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57650

Actions (login required)

View Item View Item