OPTIMALISASI PENERAPAN KONSEP ANDRAGOGI DALAM DIKLAT APARATUR PEMERINTAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI BADAN DIKLAT PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sujarwo, M.Pd. (2006) OPTIMALISASI PENERAPAN KONSEP ANDRAGOGI DALAM DIKLAT APARATUR PEMERINTAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI BADAN DIKLAT PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Sujarwo,_Hiryanto.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai; 1) optimalisasi penerapan konsep andragogi dalam diklat aparatur pemerintah sebagai upaya peningkatan mutu lulusan. 2) Peranan penerapan konsep andragogi dalam meningkatkan mutu lulusan. 3) Faktor-faktor yang menjadi kendala penerapan konsep andragogi dalam diklat aparatur pemerintah sebagai upaya peningkatan mutu lulusan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus di Badan diklat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Responden ini terdiri dari: pengelola program, widyaiswara dan peserta pelatihan. Prosedur penelitian dilakukan melalui persiapan, pelaksanaan (sharing ide dan penerapan konsep andragogi), tindak lanjut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, pemeriksaan data dilakukan melalui trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Penerapan konsep andragogi dalam diklat aparatur pemerintah dalam meningkatkan mutu lulusan di bandiklat Propinsi DIY belum optimal, dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) persiapan, kegiatan yang dilakukan meliputi; koordinasi dengan pengelola program, widyaiswara, pengamatan lapangan, menyiapkan tempat, persiapan bahan, persiapan pengayaan materi konsep andragogi, b) Pelaksanaan, kegiatan yang dilakukan meliputi; sharing konsep andragogi, pelaksanaan pelatihan, menyiapkan iklim pelatihan yang kondusif, merumuskan tujuan, memilih materi pelatihan, metode pelatihan, media pelatihan dan evaluasi pelatihan. c) tindak lanjut. 2) Peran penerapan konsep andragogi dalam diklat aparatur pemerintah sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan adalah; a) mengembangkan sikap dan perilaku peserta dalam aspek; tanggung jawab, sikap kritis, kreativitas, kepemimpinan, dan kerjasama. b) meningkatkan penguasaan materi pelatihan 3) Faktor-faktor yang menjadi kendala optimalisasi penerapan konsep andragogi dalam diklat aparatur pemerintah antara lain: 3). Sebagian besar Widyaiswara tidak memiliki pengalaman pendidikan yang berlatar belakang pendidikan, sehingga dalam pengelolaan kelas dalam proses pelatihan kurang kondusif dan kaku. b). Sebagian besar widyaiswara merupakan mantan pejabat dari beberapa intansi pemerintah, masih ada widyaiswara yang berpenampilan seperti pejabat, c) kurikulum telah di susun dari LAN, d) kurikulum yang digunakan dalam kegiatan diklat di bandiklat propinsi DIY telah di susun dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Kata kunci: andragogi, mutu lulusan FIP, 2006 (PEND. LUAR SEKOLAH)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
LPPM
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5740

Actions (login required)

View Item View Item