PENGEMBANGAN MODEL PENGAJARAN FISIKA BERBANTUAN KOMPUTER DI JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FPMIPA IKIP YOGYAKARTA

Suharyanto, . (1999) PENGEMBANGAN MODEL PENGAJARAN FISIKA BERBANTUAN KOMPUTER DI JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FPMIPA IKIP YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
PENGEMBANGAN_MODEL_PENGAJARAN_FISIKA_BERBANTUAN_KOMPUTER.doc

Download (30kB)

Abstract

Suharyanto, Rahayu Dwisiwi SR, Suparwoto, dan Jumadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengajaran (remedi)Fisika berbantuankomputer pada matakuliah Fisika Dasar. Selain itu juga dimaksudkan mengetahui efektivitasnya dibanding program remedi tertulis, dan mengetahui pendapat mahasiswa mengenai materi, pelaksanaan, dan kemungkinan penggunaannya pada masa mendatang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FPMIPA IKIP Yogyakarta yang mengambil matakuliah Fisika Dasar I pada semester gasal tahun akademik 1995/1996 yang berjumlah 248 mahasiswa. Selanjutnya dari 161 mahasiswa yang mengalami kegagalan belajar diambil sampel eksperimen sebanyak 87 orang secara acak. Data penelitian dijaring dengan tes dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Pendapat mahasiswa didasarkan prosentase jawaban angket dengan skala Likert. Telah berhasil dikembangkan 6 judul program remedi berbantuan komputer untuk matakuliah Fisika Dasar yang meliputi pokok bahasan : Kinematika I, Kinematika II, Dinamika, Usaha, Impuls dan Momentun, serta Tumbukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ~ahasiswa menilai program remedi berbantuan komputer untuk matakuliah Fisika Dasar I sudah cukup bahkan baik dalam hal keterbacaan, kesesuaian antar komponen program, banyaknya bahan dan soal, pemahaman mahasiswa terhadap teori, soal latihan, dan soal tes. Tampilan program untuk teks, gambar, tata letak, dan tata warna dinilai cukup baik. Program remedi berbantuan komputer tersebut juga dinilai mudah dioperasikan karena hampir semua mahasiswa tidak mengalami kesulitan, baik bagi mahasiswa yang belum pernah menggunakan komputer maupun mahasiswa yang sudah pernah menggunakan komputer. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Program remedi dapat meningkatkan rerata skor prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Fisika Dasar sebesar 6,09 pada program remedi tertulis dan 9,60 pada program remedi berbantuan komputer. Jika dibandingkan, kedua program remedi tersebut berbeda efektivitasnya secara signifikan untuk taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item