PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Wisnu Furqon, Bangkit (2018) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full-Bangkit Wisnu Furqon-11404241010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, perpustakaan dan lingkungan kampus baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2014-2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 131 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variabel pemanfaatan teknologi informasi sebesar 3,239 dan taraf signifikansi 0,002. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variabel perpustakaan sebesar 2,866 dan taraf signifikansi 0,005. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variabel lingkungan kampus sebesar 3,446 dan taraf signifikansi 0,001. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan teknologi informasi, perpustakaan dan lingkungan kampus secara simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta sebesar 32,6%, sedangkan sisanya 67,4% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknologi informasi, Perpustakaan, Lingkungan kampus, Prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 26 Jun 2018 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57335

Actions (login required)

View Item View Item