PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Dandy Hartaji, Hestu (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Hestu Dandy Hartaji_13804241037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman tahun ajaran 2017/2018. (2) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman tahun ajaran 2017/2018. (3) Pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman tahun ajaran 2017/2018. (4) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Ngemplak Sleman tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap motivasi belajar. (2) Variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap motivasi belajar. (3) Variabel fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar. (4) Variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru, persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,603 atau 60,3% menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru, persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar sedangkan sisanya 39,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:47
Last Modified: 30 Jan 2019 16:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57331

Actions (login required)

View Item View Item