PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS SISWA KELAS V SD 1 PADOKAN BANTUL

Aeni, Lufizah (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS SISWA KELAS V SD 1 PADOKAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lufizah Aeni.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas V SD 1 Padokan Bantul tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan variabel terikat hasil belajar kognitif IPS siswa kelas V SD 1 Padokan, dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Desain penelitiannya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 1 Padokan, yang berjumlah 66 siswa, dan terdiri dari dua kelas. Kelas VA berjumlah 33 siswa sebagai kelas ekperimen, dan kelas VB 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes hasil belajar kognitif IPS. Teknik analisis data terdiri atas 3 tahap yaitu, tahap deskripsi data, tahap uji persyaratan analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap deskripsi data meliputi distribusi data hasil belajar kognitif IPS siswa. Tahap prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji tahap hipotesis meliputi uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar kognitif IPS pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5 % (alpha = 0,05). Hasil penelitian ini adalah: pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think- Pair-Share (TPS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas V SD 1 Padokan Bantul tahun ajaran 2011/2012. Hal ini dilihat dengan adanya perbedaan hasil post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kata kunci: tipe Think-Pair-Share (TPS), hasil belajar kognitif IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 07 Sep 2015 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item