PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER SISTEM PENDINGIN AIR PADA MOBIL DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM

Mufliqun, Ega (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER SISTEM PENDINGIN AIR PADA MOBIL DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_12504249002_Ega Mufliqun.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif sistem pendingin air pada mobil di SMK Muhammadiyah Pakem, (2) menguji tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif sistem pendingin air pada mobil di SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan ( Research and Development (R&D) ) dengan mengacu pada model penelitian Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah. Kelima langkah tersebut adalah (1) analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian adalah Ahli materi, Ahli media, Guru atau Pendidik dan peserta didik kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK MUhammadiyah Pakem sebanyak 10 peserta didik untuk uji skala kecil dan 30 peserta didik untuk uji skala besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Data observasi dan wawancara digunakan untuk analisis produk awal dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data angket digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian tingkat kelayakan media pembelajaran sistem pendingin air pada mobil dari ahli materi mendapatkan rerata skor sebesar 3,68 dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rerata skor 3,61 dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian dari guru atau pendidik mendapatkan rerata skor 3,74 dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian dari uji coba lapangan skala kecil mendapatkan rerata skor sebesar 3,31 dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian dari uji coba lapangan skala besar mendapatkan rerata skor sebesar 3,37 dalam kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sistem pendingin air pada mobil berbasis computer di SMK Muhammadiyah Pakem dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif, sistem pendingin
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2018 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57057

Actions (login required)

View Item View Item