PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD BAGI ANAK AUTIS KELAS TK B DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA

Edo, Lely Sagita (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD BAGI ANAK AUTIS KELAS TK B DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Edo Lely Sagita_13103241063.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak autis kelas TK B dengan menggunakan media flash card di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan memberikan tindakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa autis kelas TK B usia 6 tahun yang berjenis kelamin perempuan dan memiliki kemampuan berbicara yang belum optimal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja serta observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara dengan menggunakan media flash card dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan hasil observasi pada partisipasi siswa yang tediri dari sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa yang meningkat sebesar 13,95%. Selain itu ditunjukkan dengan kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir yang mengalami peningkatan. Kinerja guru meningkat 6,95%. Kemampuan berbicara yang terdiri dari kontak mata, kejelasan artikulasi, kelancaran berbicara, pilihan kata, dan membuat kalimat sederhana meningkat sebesar 37%. Peningkatan diperoleh dengan cara (1) memberikan pembimbingan yang lebih intens pada setiap aspek, (2) menambahkan kegiatan kegemaran siswa sebagai reward agar siswa aktif mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 May 2018 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56973

Actions (login required)

View Item View Item