PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK SISWA SDLB TUNARUNGU KELAS IV

Diyah, Rahmawati (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK SISWA SDLB TUNARUNGU KELAS IV. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Diyah Rahmawati_13103241082.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran Pop-Up Book pada materi perubahan wujud benda untuk siswa SDLB tunarungu kelas IV, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Pop-Up Book pada materi perubahan wujud benda untuk siswa SDLB tunarungu kelas IV dari hasil validasi kelayakan oleh ahli materi dan ahli media serta mengetahui hasil uji coba oleh siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajam, Semmel, dan Semmel. Selanjutnya model tersebut diadaptasi menjadi tiga tahap, yakni: (1) pendefinisian (Define), (2) perancangan (Design), dan (3) pengembangan (Develop). Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 3 siswa SLB Wiyata Dharma I Sleman. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif. Media Pembelajaran yang dikembangkan dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, uji coba perorangan sebanyak 1 siswa dan uji coba lapangan sebanyak 3 siswa. Hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran Pop Up Book berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,00 yang termasuk kategori “baik”, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,00 yang termasuk kategori “baik”, 3) Uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor 3,80 yang termasuk kategori “baik”, 4) Uji coba kelompok lapangan diperoleh rata-rata skor 3,73 yang termasuk kategori “baik”. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 May 2018 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56971

Actions (login required)

View Item View Item