PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR AKTIVITAS SEHARI-HARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB YAPENAS KOTA YOGYAKARTA

Dinda, Ramadhani (2017) PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR AKTIVITAS SEHARI-HARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB YAPENAS KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dinda Ramadhani_13103241009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media buku cerita bergambar bagi anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Yapenas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan kolaborasi peneliti dengan guru kelas II di SLB Yapenas. Penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu satu siswa tunagrahita ringan kelas II. Objek penelitian yaitu kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Penelitian menggunakan teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media buku cerita bergambar dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan proses kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas II di SLB Yapenas. Peningkatan proses ditunjukkan dengan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, siswa antusias dalam pembelajaran membaca menggunakan media buku cerita bergambar.Peningkatan kemampuan membaca ditunjukkan dengan subjek mampu mengidentifikasi huruf, mengeja huruf, mengucapkan suku kata dan mengucapkan kata dengan tepat dalam membaca kata benda yang sering ditemui dalam aktivitas sehari-hari dengan tepat tanpa menggunakan media. Tindakan pada siklus II semua subjek mencapai target yang ditentukan yaitu 75%. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan total 29,29% dari kemampuan awal 55,55% meningkat 14,14% menjadi 69,69% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat 29,29% menjadi 84,84%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 May 2018 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56970

Actions (login required)

View Item View Item