EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA BIG BOOKS DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB 1 SLEMAN

Dias, Yunika N (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA BIG BOOKS DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dias Yunika Nugraheni_13103241072.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Big Books dalam pembelajaran keterampilan menyimak siswa tunarugu kelas IV di SLB 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SLB 1 Sleman. Subjek penelitian yaitu dua siswa tunarungu yang berada di kelas IV yaitu FA dan MN. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian A-B-A’. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif berupa analisis display grafik dan tabel. Data yang diperoleh dianalisis melalui analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penerapan media Big Books dalam pembelajaran keterampilan menyimak. Hal ini ditunjukkan pada hasil yang diperoleh kedua subjek dalam tes tertulis yakni akumulasi frekuensi kesalahan pada fase baseline-1 (A), intervensi (B) dan baseline-2 (A’), dengan berkurangnya frekuensi kesalahan pada baseline-2 (A’). Adapun frekuensi kesalahan pada subjek 1 (FA) fase baseline-1 (A) 13, 13, 13. Pada fase intervensi (B) dari pertemuan pertama hingga kelima memperoleh frekuensi kesalahan 12, 8, 5, 2 dan 2. Pada fase baseline-2 (A’) subjek mendapat frekuensi kesalahan 1, 0, 0. Sedangkan pada subjek 2 (MN) frekuensi kesalahan yang diperoleh pada fase baseline-1 (A) frekuensi kesalahan di tiap sesinya 12, 12, 12. Pada fase intervensi (B), frekuensi kesalahan 12, 6, 5, 2 dan 0. Pada fase baseline-2 (A’) dengan frekuensi kesalahan yang didapat subjek yakni 2, 1, dan 0. Hal ini juga didukung dengan data yang tumpang tindih (overlap) dengan persentase sebesar 0%, dengan demikian semakin kecil persentase overlap menunjukkan semakin besar pengaruh terhadap target behavior. Karena itu menunjukkan adanya hal positif atau media yang digunakan terlihat efektif untuk pembelajaran menyimak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 May 2018 03:36
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56969

Actions (login required)

View Item View Item