EFEKTIVITAS PERMAINAN KONSTRUKTIF LASY® TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY KELAS I DI SD NEGERI POJOK SINDUADI SLEMAN

Dian, Karitas (2017) EFEKTIVITAS PERMAINAN KONSTRUKTIF LASY® TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY KELAS I DI SD NEGERI POJOK SINDUADI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dian Karitas_13103241073.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan konstruktif LASY® terhadap kemampuan motorik halus anak Cerebral Palsy kelas I di SD Negeri Pojok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dan desain yang digunakan yaitu A-B-A. Fase baseline-1 dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, intervensi sebanyak enam kali pertemuan, dan fase baseline-2 sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak Cerebral Palsy dengan gangguan motorik halus kelas I di SD Negeri Pojok. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan motorik halus. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan teknik analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan konstruktif LASY® efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Cerebral Palsy kelas I di SD Negeri Pojok. Hal ini terbukti dari perolehan mean level pada fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2 berturut-turut 27, 47, dan 57. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan +30 pada kemampuan motorik halus antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan permainan konstruktif LASY®. Persentase data tumpang tindih (overlap) antar kondisi 0% yang berarti bahwa permainan konstruktif LASY® efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Cerebral Palsy.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 May 2018 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56967

Actions (login required)

View Item View Item