PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP PADA SISWA TUNARUNGU KELAS I SD DI SLB DAMAYANTI SLEMAN

Annisa, Nur Fitri (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP PADA SISWA TUNARUNGU KELAS I SD DI SLB DAMAYANTI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Annisa Nur Fitri_13103244002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata melalui media Pop Up pada siswa tunarungu kelas I SD di SLB Damayanti Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model dari Kemmis dan McTaggart yang di dalamnya memiliki empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD di SLB Damayanti Sleman. Pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Peningkatan kemampuan penguasaan kosakata ditunjukkan dengan siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Siswa memperoleh nilai 55% pada pra tindakan. Setelah dilakukannya tindakan menggunakan media Pop Up, meningkat 10% pada siklus I dengan nilai 65% dengan kategori cukup. Pada siklus II siswa memperoleh nilai 80% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 25% dari nilai tes pra tindakan. Penggunaan media Pop Up dalam pembelajaran penguasaan kosakata anggota tubuh dan benda untuk merawat anggota tubuh dapat meningkatkan aktivitas siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Media Pop Up dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa berantusias dalam mengikuti pembelajaran dan siswa lebih mudah untuk memahami pembelajaran. Media Pop Up juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Sesuai dengan hasil, penelitian dihentikan pada siklus II dan penelitian dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 May 2018 02:33
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56965

Actions (login required)

View Item View Item