PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERANGKAI BUNGA DARI SEDOTAN PADA ANAK AUTIS DI SLB CITRA MULIA MANDIRI

Annisa, Cipto Haryani (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERANGKAI BUNGA DARI SEDOTAN PADA ANAK AUTIS DI SLB CITRA MULIA MANDIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Annisa Cipto Haryani_13103244007.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan merangkai bunga dari sedotan pada anak autis di SLB Citra Mulia Mandri yang meliputi (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan merangkai bunga dari sedotan, terdiri dari proses kegiatan pembelajaran, tahapan merangkai bunga dari sedotan pada anak autis, dan evaluasi pembelajaran. (2) Mendeskripsikan kemampuan anak autis dalam melaksanakan tahapan kegiatan merangkai bunga dari sedotan. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran keterampilan merangkai bunga dari sedotan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian adalah guru Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dan siswa autis kelas V dan kelas IX di SLB Citra Mulia Mandiri. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisa data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Adapun hasil penelitian yang menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran keterampilan merangkai bunga dari sedotan disesuaikan dengan karakteristik anak autis. Hal tersebut terlihat saat guru SBK menggunakan gabungan metode yang disesuaikan dengan aktivitas dan kemampuan siswa autis. (2) Anak autis dapat melakukan tiap tahap kegiatan merangkai bunga dari sedotan sesuai instruksi yang diberikan guru SBK. Siswa kelas V dan kelas IX memiliki perbedaan kemampuan ketika melaksanakan kegiatan merangkai bunga dari sedotan. (3) Keberhasilan pembelajaran keterampilan merangkai bunga dari sedotan dipengaruhi oleh faktor pendukung yaitu tingkat gangguan autistik yang dimiliki siswa autis, pembelajaran yang terstruktur dan terpola, penggunaan dua jenis media, menggunakan perpaduan metode pembelajaran, pemahaman guru terhadap karakteristik siswa autis, dan pemberian motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 May 2018 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56964

Actions (login required)

View Item View Item