PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BERO, TRUCUK, KLATEN

Farisa, Khairisofa (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BERO, TRUCUK, KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Farisa Khairisofa_12103244046.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran membaca permulaan untuk anak berkesulitan belajar kelas III dan mengetahui kelayakan modul. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 4 tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan modul, (4) validasi dan uji coba. Subjek penelitian adalah siswa berkesulitan belajar membaca permulaan kelas III SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes kemampuan membaca, tes persepsi visual dan tes persepsi auditori, angket validasi produk dan angket respon siswa. Analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif melalui tiga prosedur pengodean yaitu: pengodean terbuka, berporos dan berpilih. Data hasil uji dan hasil respon menggunakan analisis kuantitatif untuk mengolah. Semua data yang diperoleh dihitung skor rata-rata dan mengkonversikannya ke dalam kriteria. Hasil penelitian yaitu (1) produk yang dikembangkan berupa modul membaca permulaan berjudul “AYO MEMBACA” untuk anak berkesulitan belajar membaca permulaan kelas III dan untuk pegangan guru, materi yang terdapat pada modul disesuaikan dengan kemampuan siswa mengacu pada hasil studi pendahuluan (2) hasil uji validitas oleh ahli materi dan guru diperoleh skor keseluruhan 16,9 dengan rata-rata 4,2 berkategori baik berdasarkan konversi berarti layak digunakan sedangkan hasil uji coba modul yang dilakukan oleh siswa dan guru masing-masing diperoleh presentase skor 80% dan 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 May 2018 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56963

Actions (login required)

View Item View Item