PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA LECTORA INSPIRE® PADA SISWA AUTIS KELAS V DI SLB TEGAR HARAPAN SLEMAN

Yeny, Rahmawati Priyanti (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA LECTORA INSPIRE® PADA SISWA AUTIS KELAS V DI SLB TEGAR HARAPAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yeny Rahmawati Priyanti_11103244008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media Lectora Inspire pada anak autis kelas V(lima) di SLB Tegar Harapan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian yaitu anak autis kelas V di SLB Tegar Harapan Sleman yang terdiri dari satu anak. Desain yang digunakan adalah model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama subjek diberikan pre-test. Setiap siklus diakhiri dengan post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif dengan penyajian data berupa tabel, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Lectora Inspire dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan untuk anak autis kelas V di SLB Tegar Harapan Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan Perolehan skor yang diperoleh subjek mengalami peningkatan dari 38 (63,33%) pada tes kemampuan awal (pre-test) menjadi 47 (78,33%) pada tes pasca tindakan (post-test) siklus I kemudian menjadi 54 (90%) pada tes pasca tindakan siklus II. Pada siklus II dilakukan modivikasi dengan melakukan pengulangan materi pembelajaran serta pemberian reward apabila siswa mau melakukan pembelajaran dengan fokus. Hasil observasi partisipasi siswa mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh skor rata-rata 40,2 (89,33%) dengan kategori sangat baik meningkat menjadi 41,67 (92,59%) dengan kategori sangat baik pada siklus II. Hasil observasi kinerja guru juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh skor rata-rata 40,8 (90,67%) dengan kategori sangat baik meningkat menjadi 42,67 (94,81%) pada siklus II dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 May 2018 08:18
Last Modified: 30 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56933

Actions (login required)

View Item View Item