PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I (SATU) MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Jumiatun, Jumiatun (2017) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I (SATU) MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jumiatun_12103244045.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda melalui media flashcard pada anak tunarungu kelas Dasar 1 di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian berupa perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yaitu dua siswa tunarungu kelas dasar satu SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, wawancara dan observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata benda anak tunarungu. Pada tes pra tindakan subjek 1 (Lt) memperoleh nilai 20 meningkat menjadi 53 pada tes pasca tindakan siklus I dan meningkat menjadi 77 pada tes pasca tindakan siklus II. Subjek 2 (Al) memperoleh nilai 40 pada tes pratindakan meningkat menjadi 70 pada tes pasca tindakan siklus I dan meningkat menjadi 80 pada tes pasca tindakan siklus II. Pada siklus I, kosakata dikenalkan dengan guru melakukan tanya jawab tentang materi yang akan diajarkan, mengamati gambar pada flashcard, mengucapkan nama gambar yang terdapat pada flashcard, dan menuliskan nama gambar yang terdapat pada flashcard. Pada siklus II, pembelajaran yang dilaksanakan hampir sama dengan yang dilakukan pada siklus 1, namun lebih ditekankan pada latihan menulis kosakata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 May 2018 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56931

Actions (login required)

View Item View Item