PENGGUNAAN KOMUNIKASI TOTAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS IV DI SLB NEGERI 1 GUNUNGKIDUL

Shuma, Aryadi (2017) PENGGUNAAN KOMUNIKASI TOTAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS IV DI SLB NEGERI 1 GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Shuma Aryadi_09103244040.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan komunikasi total dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk anak tunarungu kelas IV SLB N I Gunungkidul. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan kualitatif dimanfaatkan dalam penelitian ini untuk mengungkap penggunaan komunikasi total dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk anak tunarungu kelas IV SLB N I Gunungkidul.. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tiga kegiatan utama yakni: reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa siswa belum berbicara dengan jelas/ artikulasi siswa belum jelas, serta belum ada pembelajaran artikulasi yang dilakukan oleh guru secara khusus. Siswa mampu membaca ujaran jika siswa benar-benar memperhatikan lisan lawan bicara, siswa juga akan lebih mudah membaca ujaran jika lawan bicara siswa berbicara dengan gerak bibir atau ujaran yang mudah dibaca serta jelas dalam artikulasi serta berbicara dengan pelan (tidak cepat). Siswa tidak memakai alat bantu mendengar (ABM), serta melakukan Pendengaran anak tidak diperiksa secara berkala, Guru melatih pendengaran dengan PKPBI di kelas. Isyarat yang dipakai saat pembelajaran adalah isyarat alami dan ejaan jari. Pelaksanaan komunikasi total yang dimaksud guru adalah penggunaan bahasa lisan saat berkomunikasi. Sedangkan berdasarkan observasi dapat dilihat jika pelaksanaan komunikasi total di SLB N I Gunungkidul menggunakan kombinasi berbicara, membaca ujaran dan isyarat alami serta ejaan jari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 May 2018 08:04
Last Modified: 30 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56929

Actions (login required)

View Item View Item