PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS III DI SDLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Septy, Ria Risdianti (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS III DI SDLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Septy Ria Risdianti_12103244058.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kesulitan siswa tunarungu kelas tiga dasar SLB Wiyata Dharma 1 Sleman dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan Problem Based Learning (PBL) pada siswa tunarungu kelas III di SDLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian berupa perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yaitu tiga siswa tunarungu kelas III dasar SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Pembelajaran operasi hitung dengan menggunakan metode PBL menuntut siswa untuk masuk pada masalah operasi hitung yang diberikan. Dalam PBL masalah operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yang akan diberikan adalah masalah yang kontekstual atau nyata. Pada saat penelitian menunjukan bahwa siswa tunarungu kelas dasar tiga antusias dalam melaksanakan pembelajaran operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan metode PBL. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil pembelajaran operasi hitung menggunakan metode PBL. Pada hasil pre-test presentase rata-rata kelas sebesar 45% dengan kriteria kurang, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 63,3% dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 90% dan berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan siswa tunarungu kelas dasar tiga dapat ditingkatkan menggunakan metode Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 May 2018 07:13
Last Modified: 30 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56919

Actions (login required)

View Item View Item