LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Herwin Pradana, Herwin Pradana (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu_Herwin Pradana_14520241054.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah perguruan tinggi negeri yang berorientasi pada dunia pendidikan, dan membina calon tenaga kependidikan agar kelak dapat menjadi tenaga kependidikan yang profesional dan berakhlak. Untuk mencapai tujuan tersebut, mahasiswa UNY dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan melalui berbagai program pendidikan. Salah satu dari program tersebut adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan mulai dari tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017, dan berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, yang beralamatkan di Jl. Nitikan No.48, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bertujuan untuk membekali mahasiwa dengan pengalaman mengajar dalam kondisi lapangan yang sesungguhnya. Hal ini diharapkan untuk memberikan pengalaman nyata dan pengetahuan mengenai proses belajar mengajar, dan akan mempersiapkan mahasiswa untuk beraksi di dunia kerja sebagai tenaga kependidikan. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) meliputi observasi lapangan, kegiatan pembelajaran, penyusunan RPP, serta penentuan metode dan media pembelajaran. Mata pelajaran yang diampu yaitu mata pelajaran Sistem Komputer untuk kelas XA RPL, XB TKJ, XC, XD, dan XE Multimedia. Terlaksananya kegiatan-kegiatan tersebut merupakan tanda keberhasilan semua pihak yang terkait. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini telah menjadi pelajaran dan pengalaman yang penting bagi mahasiswa sebagai calon pendidik, terutama dalam bidang Teknologi dan Informasi, serta meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri mahasiswa. Semoga kegiatan PLT ini dapat menjadi sarana untuk mempersiapkan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional, yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing. Keberhasilan pelaksanaan PLT ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 vi Yogyakarta, sehingga PLT dimasa mendatang akan terlaksana dengan lebih baik dan lebih bermanfaat bagi pihak sekolah, siswa dan mahasiswa praktikum.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PLT, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 May 2018 01:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56908

Actions (login required)

View Item View Item