PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN MATA UANG MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS XII SMALB DI SLB C-1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA

Kharuli, Nur Winanto (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN MATA UANG MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS XII SMALB DI SLB C-1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244027_KHARULI NURWINANTO.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan mata uang bagi siswa tunagrahita kategori ringan kelas XII SMALB di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan ditambahkan pendekatan kualitatif untuk pembahasan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan subyek siswa tunagrahita kategori ringan kelas XII SMALB di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta yang berjumlah 1 siswa dengan inisial AU. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes prestasi belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan penggunaan mata uang bagi siswa tunagrahita kategori ringan kelas XII SMALB di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan tercapainya KKM yang telah ditentukan sekolah, yakni 65%. Sebelum pemberian tindakan siklus I terlebih dahulu peneliti memberikan pre test. Adapun nilai pre test yang diperoleh siswa adalah 55,7% dan masuk kategori kurang. Setelah diberikan tindakan siklus I berupa penggunaan metode role playing, kemampuan siswa dalam penggunaan mata uang mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut berupa perolehan nilai dalam post test siklus I yakni 63,4% dan masuk kategori cukup. Pada siklus II dilakukan beberapa modifikasi dalam proses pembelajaran. Hasil post test siklus II nilai yang di dapat siswa adalah 78,8% dengan kategori baik. Adapun persentase peningkatan kemampuan penggunaan mata uang bagi siswa tunagrahita kategori ringan kelas XII SMALB di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra I dari pre test hingga post test siklus II adalah sebesar 41,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 May 2018 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56900

Actions (login required)

View Item View Item