PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA CD INTERAKTIF PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SLB TUNAS SEJAHTERA

Nur, Nugraheni (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA CD INTERAKTIF PADA ANAK AUTIS KELAS IV DI SLB TUNAS SEJAHTERA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244026_NUR NUGRAHENI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak autis kelas IV di SLB Tunas Sejahtera menggunakan media CD interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu satu anak autis kelas IV di SLB Tunas Sejahtera. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama subjek diberikan pre-test. Setiap siklus diakhiri dengan post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif dengan penyajian data berupa tabel, histogram, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak autis kelas IV di SLB Tunas Sejahtera dapat ditingkatkan menggunakan media CD interaktif. Peningkatan pada siklus I sebesar 23,75%. Pada pre-test 60% meningkat menjadi 83,75% pada post-test siklus I. Pada siklus I, subjek belajar membaca 60 kata yang terdiri dari kata berpola KVKV(konsonan vokal konsonan vokal) dan KVKVK (konsonan vokal konsonan vokal konsonan) yang dilakukan selama enam pertemuan. Berdasarkan hasil refleksi siklus I guru belum melakukan pengulangan materi secara menyeluruh pada setisp pertemuan. Perhatian siswa pada pertemuan keempat terganggu oleh suara siswa SD yang sedang latihan drum band. Pada siklus I subjek YG belum mampu membaca 30 kata secara mandiri meskipun nilai yang diperoleh sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Guna memperbaiki kelemahan yang terjadi pada siklus I dan meningkatkan kemampuan subjek YG dalam membaca 30 kata tersebut maka dilakukan tindakan siklus II. Peningkatan pada siklus II yaitu 32,50%, pada pretest 60% meningkat menjadi 92,50% pada post-test siklus II. Peningkatan ditunjukkan dengan kemampuan subjek dalam membaca 14 kata secara mandiri dari 20 kata yang diberikan pada post-test siklus II. Peningkatan tersebut diperoleh dengan melakukan pemutaran ulang CD interaktif pada setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 May 2018 04:11
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56899

Actions (login required)

View Item View Item