KEEFEKTIFAN METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN ARTIKULASI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Anita, Rahmawati (2014) KEEFEKTIFAN METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN ARTIKULASI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244021_ANITA RAHMAWATI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode drill terhadap kemampuan artikulasi anak autis di sekolah khusus autis Bina Anggita Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A’. Subyek penelitian seorang anak autis kelas VI yang memiliki kemampuan artikulasi rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan artikulasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan melakukan rangkaian tes kemampuan artikulasi pada anak. Skor trial munculnya target behavior subjek pada kondisi baseline (A-1) terdapat tiga sesi dengan frekuensi 50, 50, 50. Pada saat intervensi (B) terdapat lima sesi dengan skor trial 54, 59, 67, 71, 72. Sedangkan pada saat baseline-2 (A-2) terdapat tiga sesi dengan skor trial 66, 69, 71. Berdasarkan data yang diperoleh, keefektifan metode drill pada anak berpengaruh positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan perubahan level sebesar 0% pada fase baseline-1, 18% pada intervensi, dan 5% pada sesi baseline-2. Efektifitas dilihat dari prosentase overlap yang rendah yaitu berada pada level 0%. Secara keseluruhan penerapan metode drill efektif terhadap kemampuan artikulasi anak autis di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 May 2018 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56898

Actions (login required)

View Item View Item