PENGGUNAAN MODIFIKASI PERILAKU TIPE PUNISHMENT UNTUK MENGUBAH POLA MAKAN ANAK DOWN SYNDROME DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Angger, Sukma Nugrahani (2014) PENGGUNAAN MODIFIKASI PERILAKU TIPE PUNISHMENT UNTUK MENGUBAH POLA MAKAN ANAK DOWN SYNDROME DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103241032_ANGGER SUKMA NUGRAHANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi perilaku tipe punishment dalam mengubah pola makan berlebihan anak Down Syndrome yang berlangsung saat pembelajaran di kelas dasar IV/C1 di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A1–B–A2. Subjek penelitian merupakan seorang siswa Down Syndrome kelas dasar IV/C1, yakni subjek MRA. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponenkomponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan durasi waktu yang dibutuhkan anak untuk aktivitas makan. Berdasarkan durasi munculnya target behavior subjek MRA pada kondisi baseline-1 (A1) terdapat lima sesi. Pada saat intervensi (B) terdapat sepuluh sesi. Pada kondisi baseline-2 (A2) terdapat lima sesi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui modifikasi perilaku tipe punishment, kebiasaan buruk anak yang telah terjadi sejak kelas I SDLB dapat diubah tidak terkecuali kebiasaan makan anak saat pembelajaran di kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modifikasi perilaku tipe punishment dapat mengubah pola makan anak Down Syndrome yang terjadi saat pembelajaran pada jam efektif (pukul 07.00-09.00 WIB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 May 2018 03:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56895

Actions (login required)

View Item View Item