PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI 2 BANTUL

Rizkia, Nurakbari Ramadhani (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103241025_RIZKIA NURAKBARI RAMADHANI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui Metode Maternal Reflektif (MMR) pada anak tunarungu kelas dasar 4 di SLB Negeri 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 4 orang kelas dasar 4 yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data berupa metode observasi untuk mangamati pertisipasi siswa, tes membaca pemahaman untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman, dan dokumentasi untuk menghimpun data pelengkap. Analisis data yang digunakan yakni teknik uji tes tanda dan dilanjutkan dengan teknik komparatif yaitu membandingkan hasil post test dan hasil pre test. Hasil siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II dilakukan modifikasi pemebelajaran dengan mengajak siswa ke kebun sekolah untuk melakukan pengamatan. Hasil pengamatan tersebut dijadikan percakapan di dalam kelas, kemudian divisualisasikan oleh guru. Teks deposit yang dikembangkan oleh guru tersebut dijadikan bahan bacaan untuk siswa. Peningkatan kemampuan subjek MR pada siklus II mencapai nilai 95, subjek AC pada II mencapai nilai 85, subjek GAW pada siklus mencapai nilai 80, dan subjek RP pada siklus II mencapai nilai 70. Peningkatan yang terjadi didukung oleh partisipasi siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil tindakan siklus II menunjukkan bahwa hasil masing-masing subjek meningkat dan mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 70 sehingga tindakan dihentikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 May 2018 03:51
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56893

Actions (login required)

View Item View Item