PENGGUNAAN MEDIA POSTER ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SEKOLAH LUAR BIASAWIYATA DHARMA 3 SLEMAN

Nanda, Restu Utami (2014) PENGGUNAAN MEDIA POSTER ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SEKOLAH LUAR BIASAWIYATA DHARMA 3 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103241024_NANDA RESTU UTAMI.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media poster angka terhadap peningkatan kemampuan berhitung anak tunagrahita kategori ringan pada perubahan perilaku durasi waktu dan frekuensi kesalahan ketika mengerjakan tugas. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan metode A-B-A’. Subyek penelitian merupakan satu siswa tunagrahita kategori ringan kelas II C. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi meliputi panjang kondisi, estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data, level stabilitas dan rentang, serta perubahan level. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung permulaan penjumlahan gambar benda pada subjek dengan panjang kondisi untuk frekuensi kesalahan subyek adalah (A) = 3, (B) = 6, (A’) = 3. Kecenderungan arah pada frekuensi kesalahan dari subyek : A (=) sejajar, B (+) naik dan A’ (=) sejajar yang berarti telah ada peningkatan skor yang menandakan adanya penurunan frekuensi kesalahan yaitu ketika pada fase Intervensi (B). Kecenderungan stabilitas, jejak data serta level dan stabilitas rentang untuk A stabil, B Variabel, dan A’ stabil. Perubahan level A (=0) sementara B (+30) sedangkan A’ (=0). Sedangkan, panjang kondisi untuk durasi waktu subyek (A) = 3, (B) = 6, (A’) = 3, kecenderungan arah untuk A sejajar (=) sementara B menurun (+) sedangkan A’ menurun (+) yang berarti mengalami peningkatan karena semakin sedikit jumlah durasi waktu mengerjakan ketika berhitung. Kecenderungan stabilitas, jejak data serta level dan stabilitas rentang untuk A stabil, B Variabel, dan A’ stabil. Perubahan level A (=0) sementara B (+7) sedangkan A’ (+3). Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan semakin meningkatnya perolehan skor dan semakin berkurangnya frekuensi kesalahan serta durasi waktu mengerjakan setelah pemberian perlakuan menggunakan media poster angka. Kesimpulan akhir adalah penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media poster angka efektif dalam peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak tunagrahita kategori ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 May 2018 03:48
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56892

Actions (login required)

View Item View Item