PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TINDAKAN OKUPASI PAPER CLAY PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA

Devry, Pramesti Putri (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TINDAKAN OKUPASI PAPER CLAY PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103241019_DEVRY PRAMESTI PUTRI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita kategori sedang kelas Dasar 2 di Sekolah Luar Biasa Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta melalui tindakan okupasi paper clay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita kategori sedang kelas Dasar 2 yang berjumlah 3 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi untuk memonitor partisipasi belajar siswa, tes kemampuan motorik halus untuk mengungkap kemampuan motorik halus sebelum dan sesudah dilakukan tindakan, dan dokumentasi untuk mengumpulkan dokumen tentang kondisi sekolah dan data siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik komparatif yaitu membandingkan hasil pra tindakan dengan setelah dilakukan tindakan, dan dilakukan secara individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan tindakan okupasi paper clay, siswa mampu berpartisipasi aktif dalam melakukan tindakan. Partisipasi aktif ternyata berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus siswa. Hasil post test siklus I kemampuan motorik halus didapatkan data yaitu subjek GP dari skor pre test 63,64 (kriteria cukup) menjadi 75 (kriteria baik). Subjek YN dari skor pre test 55,68 (kriteria cukup) menjadi 64,77 (kriteria baik). Subjek SF dari skor pre test 36,36 (kriteria kurang) menjadi 47,73 (kriteria cukup). Setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan dibandingkan dengan pre test, namun peningkatan tersebut belum optimal sehingga dilakukan tindakan siklus II untuk memperbaiki tindakan siklus I. Tindakan pada siklus II diberikan dengan memperhatikan hasil rfleksi siklus I. Peningkatan pada siklus II yaitu subjek GP memperoleh skor 95,45 kriteria sangat baik, subjek YN memperoleh skor 86,36 kriteria sangat baik, dan subjek SF memperoleh skor 64,77 kriteria baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 May 2018 03:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56890

Actions (login required)

View Item View Item