EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KONTRAK KONTINGENSI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ON TASK ANAK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI KERINGAN

Desy, Wulandari (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KONTRAK KONTINGENSI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ON TASK ANAK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI KERINGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103241009_DESY WULANDARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji efektivitas kontrak kontingensi dalam meningkatkan perilaku on task berupa kontak mata dengan guru, ketekunan dalam belajar dan berorientasi pada tugas pada anak berkesulitan belajar spesifik kelas 2 di Sekolah Dasar Negeri Keringan Gunungkidul. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A. Subyek penelitian ini adalah seorang siswa berkesulitan belajar menulis kelas dasar 2. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pengumpulan data menggunakan interval (whole interval dan partial interval) dan durasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kontrak kontingensi efektif untuk meningkatkan perilaku on task anak berkesulitan belajar spesifik (anak berkesulitan belajar menulis). Selama fase intevensi, terjadi peningkatan yang signifikan dalam perilaku on task yang meliputi kontak mata dengan guru, ketekunan dalam belajar dan berorientasi pada tugas. Kontak mata dengan guru mengalami kenaikan sebanyak 27 level (+27) dari A1 ke B, mengalami penurunan 11 level (-11) namun untuk B ke A2 namun jika antara A1 ke A2 mengalami peningkatan 14 level (+14). Ketekunan dalam belajar mengalami kenaikan sebanyak 28 level (+28) dari A1 ke B, mengalami penurunan 17 level (-17) namun untuk B ke A2 namun jika antara A1 ke A2 mengalami peningkatan 17 level (+17). Berorientasi pada tugas mengalami kenaikan sebanyak 14.2 menit (+14.2) dari A1 ke B, mengalami penurunan 9.1 menit (-9.1) namun untuk B ke A2 namun jika antara A1 ke A2 mengalami peningkatan 18.6 menit (+18.6). Dengan adanya kenaikan interval maupun durasi dalam perilaku on task pada saat pembbelajaran di kelas maka penggunaan kontrak kontingensi efektif digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 09:04
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56887

Actions (login required)

View Item View Item