KEMAMPUAN BINA DIRI MAKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA TEGAR HARAPAN YOGYAKARTA

Onesimus, Albertus Atto (2014) KEMAMPUAN BINA DIRI MAKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA TEGAR HARAPAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09103249003_ONESIMUS ALBERTUS ATTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan bina diri makan bagi anak tunagrahita kategori sedang, (2) faktor-faktor yang menjadi hambatan pembelajaran bina diri makan pada anak tunagrahita kategori sedang kelas VI di SLB Tegar Harapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah dua orang yaitu siswa tunagrahita kategori sedang kelas IV SDLB di SLB Tegar Harapan Mlati Sleman. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah: reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar ketuntasan minimal kedua siswa tunagrahita kategori sedang telah tercapai mencapai standar ketuntasan minimal dengan kriteria subjek DC baik, dan kriteria subjek SG cukup. (1) kemampuan bina diri makan pada: Subjek Pertama SG mampu mempraktekkan bina diri makan menempati tempat duduk dengan kriteria baik, berdoa sebelum makan dimulai dengan kriteria baik, mengambil nasi ke dalam bakul pakai centong nasi dengan kriteria baik, menyendok nasi di piring sedikit-sedikit tidak berceceran dengan kriteria baik, menyendok sayur di piring sedikit-sedikit tidak berceceran dengan kriteria baik, menusuk lauk pakai garpu dan meletakan di piring dengan kriteria baik, meletakan piring yang berisi nasi, sayur, dan lauk di meja dengan kriteria baik, mengunyah nasi ke mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, mengunyah sayur ke mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, mengunyah lauk ke mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, menelan nasi yang berada di mulut pelan-pelantidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, menelan sayur yang berada di mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, menelan lauk yang berada di mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, sendok dan garpu ditelungkapkan di atas piring dengan kriteria cukup, mengelap mulut dan tangan dengan serbet atau tisu sehabis makan dengan kriteria cukup , berdoa sesudah selesai makan dengan kriteria cukup. Subjek kedua DC mampu mempraktekkan bina diri makan menempati tempat duduk dengan kriteria baik, berdoa sebelum makan dimulai dengan kriteria baik, mengambil nasi ke dalam bakul pakai centong nasi dengan kriteria baik, menyendok nasi di piring sedikitsedikit tidak berceceran dengan kriteria baik, menyendok sayur di piring sedikit-sedikit tidak berceceran dengan kriteria baik, menusuk lauk pakai garpu dan meletakan di piring dengan kriteria baik, meletakan piring yang berisi nasi, sayur, dan lauk di meja dengan kriteria baik, mengunyah nasi ke mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, mengunyah sayur ke mulut pelan-pelan agar tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, mengunyah lauk ke mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, menelan nasi yang berada di mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, menelan sayur yang berada di mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, menelan lauk yang berada di mulut pelan-pelan tidak menimbulkan suara dengan kriteria cukup, sendok dan garpu dibalikan di atas piring dengan kriteria baik, mengelap mulut dan tangan dengan serbet atau tisu sehabis makan dengan kriteria baik, berdoa sesudah selesai makan dengan kriteria baik. (2) hambatan yang muncul dalam pelaksanaan bina diri makan pada anak tunagrahita kategori sedang kelas IV SDLB yaitu faktor internal dan eksternal meliputi: kesulitan dalam berkomunikasi dengan lancar yaitu kesulitan ketika guru menanyakan siswa dalam memahami fungsi-fungsi peralatan makan, sulit memahami perintah guru, dan makan tidak mengikut langkah-langkah yang telah diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 08:49
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56885

Actions (login required)

View Item View Item