PENGARUH PERMAINAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS KELAS TK DI SEKOLAH AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Elisa, Noviani (2014) PENGARUH PERMAINAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS KELAS TK DI SEKOLAH AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09103244035_ELISA NOVIANI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan permainan kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal kosakata terkait dengan kemampuan menyebutkan kosakata kata kerja siswa kelas TK di Sekolah Autisme Bina Anggita. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A1-B-A2. Subjek penelitian merupakan siswa autis kelas TK dengan umur 5 tahun, yakni subjek MMH. Pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, observasi dan dokumentasi pada saat pelaksanaan baseline-1, intervensi, dan baseline-2. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pengumpulan data melalui pengukuran kemampuan menyebutkan kosakata dengan menggunakan tes unjuk kerja yang berkaitan dengan menyebutkan kosakata kata kerja. Berdasarkan hasil penelitian, selama pelaksanaan kartu bergambar dan selama sesi intervensi menunjukkan progress berupa keaktifan, yakni siswa aktif memberikan respon selama pelajaran dan antusias dalam dalam mengikuti proses pembelajaran serta mampu berkonsentrasi dengan baik apabila tidak ada gangguan baik secara internal maupun exsternal. Di samping itu terdapat peningkatan kemampuan subyek dalam menyebutkan kosakata kata kerja. Mean level subyek MMH meningkat dari 7,18 pada kondisi baseline-1 (A-1) menjadi 11.1 pada saat intervensi (B) dan 12.23 pada saat baseline-2 (A-2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pelaksanaan permainan kartu bergambar kosakata siswa autis kelas TK dapat ditingkatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan permainan kartu bergambar berpengaruh untuk meningkatkan kosakata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 08:36
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56882

Actions (login required)

View Item View Item