PENGARUH PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMAMI ISI TEKS BACAAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR DI SDN INKLUSI BANGUNREJO II YOGYAKARTA

Elisabeth, Leksioni Amuntoda (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMAMI ISI TEKS BACAAN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR DI SDN INKLUSI BANGUNREJO II YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09103244019_ELISABETH LEKSI AMUNTODA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman anak berkesulitan belajar kelas IV SD di SDN Inklusi Bangunrejo II Yogyakarta. Jenis penelitian ini yakni penelitian praeksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian yakni 2 siswa berkesulitan belajar kelas IV sekolah dasar di SDN Inklusi Bangunrejo II Yogyakarta. Penelitian dilakukan selama satu bulan dengan empat kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan penyajian dalam bentuk tabel, grafik garis, dan grafik histogram. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode SQ3R berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan memahamami isi teks bacaan bagi siswa berkesulitan belajar. Hasil tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan kemampuan membaca pemahaman siswa berkesulitan belajar sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan. Sebelum perlakuan (pre tes) kemampuan memahami isi teks bacaan seluruh subjek berada pada kriteria kurang sekali yakni taraf pencapaian ≤ 54%, sedangkan setelah perlakuan (post tes) kemampuan memahami bacaan kedua subjek berada dalam kriteria baik dan sangat baik yakni taraf pencapaian 76%-85% & 86% -100%. Perubahan kemampuan membaca siswa ini dilakukan melalui penerapan metode SQ3R dengan pemberian motivasi kepada siswa. Penerapan metode SQ3R untuk anak berkesulitan belajar telah dimodifikasi pada tahap survey dan tahap read. Pada tahap survey, siswa hanya diberikan bacaan singkat sehingga siswa diminta untuk melihat judul, menghitung jumlah paragraf, membaca kalimat pertama dan terakhir paragraf, dan membaca kalimat secara acak sedangkan tahap read, selain membaca secara keseluruhan diberikan juga penjelasan dengan bahasa yang sederhana tentang bacaan yang dibaca dan dilakukan program remedial jika ditemukan banyak kesalahan ketika siswa menjawab pertanyaan bacaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 08:21
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56878

Actions (login required)

View Item View Item