PEMBELAJARAN VOKASIONAL ADAPTIF BAGI SISWA AUTIS DALAM BIDANG KETERAMPILAN MEMBATIK DI SLB FREDOFIOS

Muhaimi, Mughni Prayogo (2014) PEMBELAJARAN VOKASIONAL ADAPTIF BAGI SISWA AUTIS DALAM BIDANG KETERAMPILAN MEMBATIK DI SLB FREDOFIOS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09103241038_MUHAIMI MUGHNI PRAYOGO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap bentuk adaptasi proses pembelajaran vokasional bagi siswa autis dalam bidang keterampilan membatik di SLB Fredofios yang mencakup persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan studi kasus. Berdasarkan teknik purposive, subjek penelitian ini ialah pihak yang memiliki pengetahuan tentang data yang dibutuhkan yakni guru beserta asisten keterampilan membatik, dan tiga orang siswa autis yang mengikuti pembelajaran vokasional membatik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan ketekunan peneliti, triangulasi dan member check. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini ialah keterampilan membatik dapat diajarkan sebagai pembelajaran vokasional bagi siswa autis dengan adanya adaptasi. Adaptasi dalam penelitian ini ialah penyesuaian pembelajaran keterampilan membatik pada umumnya terhadap karakteristik dan kemampuan siswa autis. Adaptasi terletak pada: (1) perencanaan pembelajaran disusun dari hasil asesmen kemampuan awal siswa, (2) materi yang diajarkan merupakan materi yang mudah dan aman yakni batik jumputan dan batik lukis pada umumnya tanpa ada pengurangan, penambahan, atau penggantian alat, bahan, serta tahapan membatik, (3) strategi pembelajaran bagi MHAS ialah pemberian instruksi verbal yang jelas dan satu per satu di setiap tahapan membatik selain membuat pola karena MHAS kurang inisiatif mengikuti pembelajaran dan sulit memahami instruksi verbal yang panjang, (4) strategi pembelajaran bagi SP ialah bimbingan fisik dan arahan verbal di setiap tahapan membatik karena SP memiliki emosi yang meledak-ledak sehingga tidak ada penyelesaian tugas, (5) strategi pembelajaran bagi ANW ialah arahan verbal dalam perpindahan dari tahapan satu ke tahapan membatik selanjutnya karena ANW tidak mampu mengorganisir tahapan membatik, (6) penggunaan benda asli dan gambar sebagai media, (7) menggunakan soal tes berupa gambar dan toleransi pada siswa untuk menjawab soal dengan cara menunjuk gambar atau benda asli pada proses evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 07:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56871

Actions (login required)

View Item View Item