PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB INSAN MANDIRI DLINGO BANTUL

Priyo, Ardiyanto (2014) PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB INSAN MANDIRI DLINGO BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
08103244038_PRIYO ARDIYANTO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan menggunakan media benda konkret bagi siswa tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Insan Mandiri Dlingo Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian yaitu dua siswa tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Insan Mandiri.Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi.Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Insan Mandiri.Peningkatan pada siklus I yaitu subyek TAT 20%, pre test 40 menjadi 60; subyek FTA 25%, pre test32,5 menjadi 57,5. Peningkatan tersebut diperoleh dengan tindakan penggunaan media benda konkret dalam proses pembelajaran berhitung penjumlahan bilangan 1-10. Berdasarkan hasil refleksi siklus I, setiap subyek mengalami peningkatandalam menyelesaikan soal berhitung penjumlahan bilangan 1-10, namun salah satu subyek belum memenuhi kriteria keberhasilan sebesar 60.Peningkatan pada siklus II yaitu subyek TAT 40%, pre test 40 menjadi 80; subyek FTA 40%, pre test 32,5 menjadi 72,5. Peningkatan tersebut diperoleh dengan memberikan bimbingan khusus pada subyek FTA, pemindahan ruang kelas, perubahan jam pelajaran dan pemberian reward pujian. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan: 1) subyek TAT dapat menyelesaikan soal berhitung penjumlahan bilangan 1-10 menggunakan media benda konkret secara mandiri, 2) subyek FTA dapat menyelesaikan soal berhitung penjumlahan bilangan 1-10 menggunakan media benda konkret namun masih tetap memerlukan bimbingan dari guru. Hasil siklus II memenuhi kriteria keberhasilan sebesar 60.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 16:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56867

Actions (login required)

View Item View Item