Satriyo Gilar, Selo Nugroho (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATAN KECERMATAN DALAM PENGGUNAAN JANGKA SORONG DALAM PEMBELAJARAN PADA OTOMOTIF DASAR SISWA KELAS 1 SMK PIRI 1 SLEMAN YOGYAKART. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
1.Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Persetujuan Ujian.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
4.Lembar Pengesahan.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
5. HALAMAN MOTTO, PERSEMBAHAN.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
6.abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
8.Daftar Isi.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
9.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
10.BAB I.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
11.BAB II.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
12.BAB III.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
13.BAB IV.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
14.BAB V.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
17.Lampiran.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kualitas dan interaksi pembelajaran. Selain itu juga untuk meningkatkan kecermatan, ketelitian, ketepatan, dalam penggunaan jangka sorong bagi siswa dengan implementasi media video di SMK Piri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media video. Desain dalam penelitian ini menggunakan model yang diciptakan oleh Kemmis dan Taggart. Prosedur penelitian tindakan terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kegiatan dan observasi digabung dalam satu waktu, yaitu pada saat dilaksanakan tindakan sekaligus dilaksanakan observasi. Hasil penelitian ini, yaitu Peningkatan keaktifan dari siklus I siswa yang berpartisipasi sebesar 16,7%, pada siklus II sebesar 16,7% dan pada siklus III 20%. Pada siklus I, persentase kelulusan berdasarkan KKM sebesar 56,5 % dan nilai tertinggi sebesar 75, pada siklus II persentase kelulusan berdasarkan KKM sebesar 77,5% dan nilai teritnggi sebesar 90, kemudian pada siklus III persentase kelulusan berdasarkan KKM sebesar 84 % dan nilai tertinggi di kelas sebesar 95. Dengan demikian pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM meningkat sebesar 21% diikuti dengan peningkatan nilai tertinggi kelas pada siklus II sebanyak 20 siswa dinyatakan lulus dengan nilai tertinggi 90 dibandingkan dengan Siklus I. Pada siklus III persentase ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM meningkat sebesar 6,5% diikuti dengan peningkatan nilai tertinggi kelas pada siklus II sebanyak 25 siswa dinyatakan lulus dengan nilai tertinggi 95 dibandingkan dengan Siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impementasi Pembelajaran, peningkatan kualitas pembelajaran |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 09 May 2018 02:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56791 |
Actions (login required)
View Item |