LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Mia Muktiana Banowati, Mia Muktiana Banowati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MIA MUKTIANA BANOWATI_PENDIDIKAN EKONOMI_14804241009.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib berbobot 3 SKS yang harus diambil oleh mahasiswa program kependidikan dari jurusan atau program studi apapun di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mata kuliah PLT ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Dengan kegiatan PLT ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik melalui pengalaman mengajar yang didapatnya, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kopetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemmpuan dalam memecahkan masalah sehingga lebih siap menjadi seorang pendidik. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) tahun 2017 yang berlokasi di SMK Koperasi Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa UNY mulai tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Secara umum, pelaksanaan PLT ini meliputi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahap persiapan meliputi micro teaching dan pembekalan PLT yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Selain itu pada tahap ini, mahasiswa juga harus melaksanakan observasi terlebih dahulu untuk mengetahui keadaan sekolah, baik itu sarana dan prasaran maupun administrasi, serta kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan PLT mahasiswa melakukan melakukan kegiatan praktik untuk menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang telah dimilikinya sesuai dengan bidang studi yang diambil. Kegiatan tersebut meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar terbimbing, evaluasi untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran, serta konsultasi dengan guru pembimbing. Adapun program individu yang dilakukan yaitu Pendampingan Olimpiade Akuntansi bagi siswa SMK Koperasi Yogyakarta untuk mewakili sekolahnya di tingkat DIY dan Jateng byang bertempat di Universitas Sanatawiyata Tamansiswa. Pada Tahap analisis hasil, mahasiswa menganalisis kegiatan yang telah dilakukannya sebelumnya yaitu meliputi hambatan, solusi, dan refleksi. Dalam pelaksanaan PLT, praktikan melaksanakan 9 kali praktik mengajar terbimbing di kelas XI AK 1, XII AK 1, XII AK 2, XII AK 3, XII PM 1, XII PM 2, XII PM 3, XII DKV 1, dan XII DKV 2. Selama 9 kali praktik mengajar terbimbing tersebut, praktikan membuat 8 RPP dengan 4 Kompetensi Dasar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Secara umum, program kerja PLT di SMK Koperasi Yogyakarta dapat terlaksana dengan lancar. Dengan dilaksanakannya PLT, mahasiswa dapat memperoleh berbagai manfaat dalam penerapan kemampuan dan ilmu pengetahuannya dalam kehidupan nyata dan mendapatkan pengalaman serta pemahaman baru mengenai tugas seorang pendidik. Selain itu, terdapat kendala dalam melaksanakan suatu program yang merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, program PLT yang masih memerlukan evaluasi dan tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh peserta PLT pada periode berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Praktik Mengajar Terbimbing, SMK Koperasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56718

Actions (login required)

View Item View Item