Pengaruh Lingkungan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar terhadap Penguasaan Konsep, Berpikir Kreatif dan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Gugus V Umbulharjo Yogyakarta

Ardiyatno, Herka (2018) Pengaruh Lingkungan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar terhadap Penguasaan Konsep, Berpikir Kreatif dan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Gugus V Umbulharjo Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ardiyatno-herka-15712251036.swf

Download (70MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap penguasaan konsep, (2) pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap berpikir kreatif, (3) pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap karakter peduli lingkungan, dan (4) perbedaan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap penguasaan konsep, berpikir kreatif dan karakter peduli lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalen control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus V Umbulharjo Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas IVA dan IV B SD N Golo diberikan perlakuan dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar, kelas IV SD N Pandeyan diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional memanfaatkan sumber belajar buku pelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes uraian 6 butir soal untuk mengetahui penguasaan konsep siswa, tes uraian 4 soal untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dan lembar observasi untuk mengetahui karakter peduli lingkungan siswa. Teknik analisis data menggunakan Independent T-test dan Anova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap penguasaan konsep, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap berpikir kreatif, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap karakter peduli lingkungan, (4) terdapat perbedaan pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar terhadap penguasaan konsep, berpikir kreatif dan karakter peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sumber belajar, lingkungan alam sekitar, penguasaan konsep, berpikir kreatif dan karakter peduli lingkungan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:34
Last Modified: 09 May 2019 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56666

Actions (login required)

View Item View Item